Senin, 28 Desember 2015

Seminar Nasional Teknik Sipil ITS-X 2014



MODEL PEMILIHAN MODA PERJALANAN KOMUTER DOMISILI WILAYAH PINGGIRAN KOTA MAKASSAR
(Studi Kasus Perumahan Pondok Asri III Sudiang)

Rais Rachman

Mahasiswa Program Doktor, Jrsn. Teknik Sipil, Fak. Teknik, Univ. Hasanuddin
 (Dosen Prodi Teknik Sipil UKIP, Makassar), email: rais.rachman@gmail.com


ABSTRAK
Fenomena dalam melakukan perjalanan menuju tempat kerja akhir–akhir ini, telah menimbulkan masalah  yang cukup serius seperti waktu tempuh perjalanan yang bertambah  lama, kurangnya tingkat keamanan dan kenyamanan serta biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perjalanan   yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam memilih moda transportasi perjalanan menuju ke tempat kerja berdasarkan jumlah total komuter pada perumahan ini  dalam memilih moda transportasi, dan untuk mengetahui moda yang dominan dipilih  oleh para komuter untuk melakukan kegiatan.
Penelitian ini menggunakan satu variabel terikat dan lima variabel bebas. Sebagai variabel bebas meliputi : jenis kelamin, pendidikan terakhir, instansi tempat bekerja, penghasilan per bulan, dan jarak kantor dari tempat tinggal. Sedangkan variabel terikat dalam penalitian ini adalah penggunaan moda.
Dari hasil penelitian ini didapatkan karakteristik pemilihan moda transportasi pada perumahan ini mayoritas menggunakan moda pribadi seperti motor dan mobil yaitu 53,15%. Model regresi sesuai dengan status sosial ekonomi penduduk terhadap pemilihan moda transportasi untuk perjalanan kerja adalah:
Y=0,312+0,669X1+0,653X2+0,086X3+0,284X4+0,313X5 (R2=0,638)

Kata Kunci: Perjalanan kerja, pemilihan moda, pinggiran kota Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar