MODEL
PEMILIHAN MODA PERJALANAN KOMUTER DOMISILI WILAYAH PINGGIRAN KOTA MAKASSAR
(Studi
Kasus Perumahan Pondok Asri III Sudiang)
Rais
Rachman
Mahasiswa
Program Doktor, Jrsn.
Teknik Sipil, Fak. Teknik, Univ. Hasanuddin
(Dosen Prodi Teknik Sipil UKIP, Makassar), , email: rais.rachman@gmail.com
ABSTRAK
Fenomena dalam melakukan perjalanan
menuju tempat kerja akhir–akhir ini, telah menimbulkan masalah yang cukup serius seperti waktu tempuh
perjalanan yang bertambah lama,
kurangnya tingkat keamanan dan kenyamanan serta biaya yang dikeluarkan untuk
melakukan perjalanan yang cukup tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam memilih moda
transportasi perjalanan menuju ke tempat kerja berdasarkan jumlah total komuter
pada perumahan ini dalam memilih moda
transportasi, dan untuk mengetahui moda yang dominan dipilih oleh para komuter untuk melakukan kegiatan.
Penelitian ini menggunakan satu variabel
terikat dan lima variabel bebas. Sebagai variabel bebas meliputi : jenis
kelamin, pendidikan terakhir, instansi tempat bekerja, penghasilan per bulan,
dan jarak kantor dari tempat tinggal. Sedangkan variabel terikat dalam
penalitian ini adalah penggunaan moda.
Dari hasil penelitian ini didapatkan
karakteristik pemilihan moda transportasi pada perumahan ini mayoritas
menggunakan moda pribadi seperti motor dan mobil yaitu 53,15%. Model regresi
sesuai dengan status sosial ekonomi penduduk terhadap pemilihan moda
transportasi untuk perjalanan kerja adalah:
Y=0,312+0,669X1+0,653X2+0,086X3+0,284X4+0,313X5
(R2=0,638)
Kata Kunci: Perjalanan kerja, pemilihan
moda, pinggiran kota Makassar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar