STUDI PERILAKU PERJALANAN KOMUTER YANG
BERTEMPAT TINGGAL DI WILAYAH PINGGIRAN KOTA MAKASSAR
RAIS
RACHMAN.
(Tim Promotor; Herman Parung, Slamet Trisutomo, H.M. Nurali)
(Tim Promotor; Herman Parung, Slamet Trisutomo, H.M. Nurali)
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini (1) menganalisis karakteristik perjalanan komuter yang bertempat
tinggal di wilayah pinggiran Kota Makassar. (2) mengidentivikasi rantai
perjalanan komuter yang bertempat tinggal di wilayah pinggiran kota Makassar.
(3) membangun model perjalanan komuter yang bertempat tinggal dipinggiran kota
Makassar.
Penelitian
ini dilakukan di wilayah pinggiran Kota Makassar dengan mengambil lokasi
wilayah kecamatan-kecamatan yang terletak di pinggiran kota antara lain
Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Manggala, dan Kecamatan Tamalate. Pemilihan
lokasi ini dengan mempertimbangkan bahwa perkembangan penduduk akibat
pertumbuhan perumahan pada kecamatan tersebut makin meningkat sedangkan akses
jalan menuju kota terbatas dari wilayah ini.
Studi
ini di fokuskan pada perilaku perjalanan komuter yang melakukan perjalanan
kerja dari wilayah-wilayah pinggiran kota Makassar dengan mengidentifikasi
rantai perjalanan seperti proses perjalanan para komuter menuju tempat
aktivitas sampai kembali ketempat tinggal.
Pendekatan
permodelan merupakan pertimbangan faktor-faktor yang menentukan perilaku
perjalanan komuter yang disumsikan sebagai berikut: a). Perilaku perjalanan
komuter dipengaruhi oleh karakteristik perjalanan seperti tujuan perjalanan,
waktu perjalanan dan panjang perjalanan, b)
Perilaku perjalanan komuter dipengaruhi oleh karakteristik perilaku
perjalanan seperti pendapatan, kepemilikan kendaraan, kondisi kendaraan,
kepadatan pemukiman dan social ekonomi, c) Perilaku perjalanan komuter
dipengaruhi oleh sistem transportasi seperti waktu perjalanan, biaya relative
perjalanan, tingkat pelayanan relatif, tingkat akses/indeks dan tingkat kehandalan
Dari
struktur model ini dikembangkan model
perjalanan komuter yang bertempat tinggal di pinggiran kota (sub-urban)
Makassar seperti pada illustrasi model, perjalanan komuter untuk melakukan
aktivitas terhadap kebutuhan moda perjalanan dan akan mengungkapkan model
perjalanan kerja seperti a) model pemilihan waktu keberangkatan dari rumah, b) Model
pemilihan waktu meninggalkan kantor, c) Model Simultan pemilihan pola
perjalanan dan d) Model
simultan pemilihan moda
Hasil
temuan penilitian diharapkan adanya model orisinil untuk perjalanan komuter
yang bertempat tinggal di pinggiran kota Makassar yang dapat digunakan dalam
perencanaan transportasi di wilayah Kota Makassar.
Kata Kunci : Perilaku,
perjalanan, komuter, pinggiran kota Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar